NGAWI - Dalam memperingati Hari Jadi ke 76 Polwan Republik Indonesia tahun 2024, Polwan Polres Ngawi Polda Jatim berpartisipasi aktif memberikan edukasi terkait Bullying, Narkoba dan ketertiban berlalu lintas dipimpin Iptu Edhi Setyaningsih bersama 16 Polwan Polres Ngawi, pada Selasa (27/8/2024)


"Dengan adanya imbauan dan edukasi dari Polwan, Kami berharap dapat memberikan pemahaman sejak dini kepada para siswa tentang bahaya narkoba, bullying, dan pentingnya tertib berlalu lintas," ujar Kapolres Ngawi AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto , S.H., S.I.K., M.H, ketika dikonfirmasi media.


Kegiatan yang dilaksanakan di halaman sekolah SDN Tambakromo 1 Geneng tersebut, diawali dari Unit  PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Satreskrim yang memberikan pemahaman mendalam tentang bahaya dan pencegahan bullying.


Edukasi ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa, serta mencegah terjadinya bullying yang dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis siswa, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih tertib.


Selanjutnya, edukasi dilanjutkan dari Satuan Narkoba yang mengisi tentang pengertian Narkoba, jenis-jenis narkotika dan obat berbahaya lainnya, dampak juga efek samping penggunaan serta ciri-ciri pengguna narkoba, dan sanksi hukum bagi penyalahgunaan narkoba.


Para siswa yang hadir sekitar 300 orang diberikan pemahaman tentang bahaya dan dampak buruk penyalahgunaan narkoba, sehingga diharapkan mereka dapat menghindari jerat narkoba di masa depan.


Sesi terakhir diisi dari Satuan Lalu Lintas yang memberikan sosialisasi terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di jalan raya.


Edukasi ini meliputi pemahaman tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan tata cara berlalu lintas yang baik dan benar.


"Kepolisian tidak hanya bertugas menangkap pelaku kejahatan tetapi juga berperan aktif dalam memberikan imbauan dan edukasi kepada siswa-siswi sekolah, seperti yang dilakukan Polwan Ngawi ini," lanjut Dwi S.R., sapaan akrab Kapolres Ngawi


Kegiatan edukasi ini mendapat sambutan positif dari pihak sekolah dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik dan bijaksana.


"Terima kasih ibu-ibu Polwan, semoga Polwan semakin jaya di ulang tahunnya ke 76," ucap Sali,  Kepala Sekolah SDN Tambakromo 1 Geneng, Ngawi  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama